Implementasi Pemasaran Adalah
Proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran
untuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari, dari bulan
ke bulan yang secara efektif melalsanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini
dibutuhkan program tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta
struktur organisasi formal yang dapat memainkan peranan penting dalam
mengimplementasikan strategi pemasaran.
Implementasi yang sukses tergantung dari
beberapa kegiatan kunci yaitu:
v
Pengorganisasian kegiatan pemasaran, yaitu :
Ø
Proses menciptakan hubungan antara fungís personalia dan factor
fisik (sarana ), agar kegiatan pemasaran yang harus dilaksanakan bisa mancapai
tujuan yang benar, meliputi : pembagian kerja, wewenang, tanggung jawab dan
pelaporan kerja.
Tujuan :
setiap orang di dalam organisasi bertanggung jawab dalam
melaksanakan kegiatan pemasaran yang telah dibebankan
melaksanakan kegiatan pemasaran yang telah dibebankan
kepadanya sehingga tidak overlapping pekerjaan.
Bentuk umum dalam departemen pemasaran yang modern,
antara lain :
- organisasi fungsional
dimana berbagai aktivitas pemasaran yang berbeda dikepalai oleh spesialis
fungsional : manajemen penjualan,
periklanan, riset pemasaran, pelayanan terhadap pelanggan, manajemen produk
baru.
- Organisasi geografik,
dimana karyawan bagian penjualan dan pemasaran diberi tugas di negara, wilayah
atau distrik tertentu.
- Organisasi manajemen
produk, karyawan inin mengembangkan pemasaran dan strategi lengkap untuk produk
atau merk tertentu, bila perusahaan ini mempunyai banyak produk atau merk yang
amat berbeda.
- Bila firm yang menjual
satu lini produk kepada banyak tipe pasar berbeda yang mempunyai organisasi
manajemen pasar. Manajer ini bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana
jangka panjang dan tahunan untuk keunggulan utama dari sistem ini adalah bahwa
perusahaan diorganisasikan disekitar kebutuhan spesifik segmen pelanggan.
v
Pengarahan kegiatan pemasarab, yaitu :
Ø
Usaha yang berhubungan dengan segala sesuatu kegiatan
pemasaran agar semuanya itu dapat dilakukan dengan baik, meliputi :
- Pemberian perintah
secara baik, harus ada follow up-nya,
secara senderhana, perlu penjelasan sehingga ada pengertian dan sifatnya harus
konsultatif.
- Motivasi
- Kepemimpinan
Dengan pengarahan segala
kegiatan yang menyimpang akan terdeteksi dan pimpinan dapat memberikan motivasi
untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan serta agar terjadi
harmonisasi antar anggota organisasi / firm.
v
Pengkoordinasian kegiatan pemasaran, yaitu :
Ø
Usaha meng-sinkronkan dan menyatukan segala kegiatan
pemasaran dalam organisasi agar tercapai tujuan yang efektif dan efesien.
Cara- cara menjalankan koordinasi yang
efektif, dengan berbagai cara, yaitu :
1. Diadakan prosedur yang
terang dan jelas dan ditentukan tanggal penyelesaian ( deadline )
2. Koordinasi dilakukan
secara formal melalui pimpinan staff pembantu, penitia maupun pejabat
penghubung tetap dilakukan kontak tidak formal.
No comments
Post a Comment